ekspresi bersemangat |
Saya
ingat akan serangkaian kata bijak ini ; saya dengar saya lupa, saya lihat saya
ingat, saya melakukan dan saya mengerti.
Saya
setuju dengan kalimat di atas. Belajar apapun bila hanya dihafalkan saja tidak
akan pernah maksimal manfaatnya dibandingkan bila kita praktik langsung
mencobanya. Saya pernah mengalaminya dulu, dengan hafal butir-butir Pancasila
dari mulai sila pertama sampai kelima. Namun sekarang, tak satupun butir
Pancasila yang bisa saya ingat.
bereksperimen |
Itulah
sebabnya saat beraktivitas dengan murid-murid kelas 1, saya lebih suka praktik
langsung tentang apa yang dipelajari. Apalagi di usia mereka, semua dipelajari
secara kongkrit, ada benda dan wujudnya. Tidak bisa hanya dibayangkan saja.
Semua
hal menarik bagi mereka. Semua hal memberikan pengalaman. Termasuk praktik
memegang magnet ini. Saya dan murid-murid menamainya dengan eksperimen atau
percobaan. Ada seorang murid yang berkeinginan menjadi ilmuwan bila besar
nanti. Kata eksperimen atau percobaan selalu membuatnya bersemangat sekali. Walau
sebenarnya, bagi saya, semua dari mereka adalah ilmuwan-ilmuwan kecil yang tak
pernah lelah bereksperimen.
aku lakukan aku jadi ingat |
Belajar
dengan anak-anak usia dini ini selalu menarik. Banyak hal tak terduga yang
kerap membuat saya tertegun dengan spontanitas dan kepolosan mereka dalam
memandang sesuatu meskipun sesuatu itu kerap di mata para orang dewasa seperti
kita ini hanyalah ‘sesuatu remeh yang biasa saja’ sebab sudut pandang kita yang
berbeda dengan mereka dalam memandangnya. Banyak hal bisa dipelajari dari
perilaku anak-anak sebenarnya agar kita pun selalu ingat bahwa sesuatu yang
menyenangkan pun bisa berawal dari yang kita anggap ‘remeh dan sederhana’.
yapz....
ReplyDeletesaya sangat setuju...
lebih menyenangkan praktik daripada sekedar teori...
betapa menyenangkan bermain bersama anak2 seperti itu...
JeQ : ayo main bersama mereka, anak-anak di sekitar kita itu pandai-pandai lho sebenarnya asal ga selalu dicap nakal atau bandel :-)
ReplyDelete