mencoba sesuatu yang kongkret |
‘Hahahhaha…tabungnya
menggelinding! Tabungnya menggelinding’ seru anak-anak sambil mendorong-dorong tabung
kecil dari kayu dengan telunjuknya. Sambil berlutut, mereka mengejar
tabung-tabung kayu kecil itu. Kehebohan terjadi di hampir semua sudut kelas. Apalagi
bila tabung mereka bertabrakan dengan tabung teman yang lainnya. Tawa berderai
langsung terdengar.
Setelah
menggelindingkan tabung, mereka pun mencoba mendorong balok. Perbedaan bentuk
membuat balok lebih susah bergerak. Ada beberapa anak yang kurang sabar
sehingga balok kayu yang seharusnya didorong pakai telunjuk, mereka dorong
pakai tangan. Hasilnya memang balok meluncur dengan cepat. ‘Habis, baloknya
tidak maju-maju’, kata mereka.
Hohohoho, seru kan melihat mereka mencoba sesuatu,
kemudian menemukan masalah, lalu bagaimana mencoba memecahkannya ? Meski pun
itu sebenarnya hanya sebuah percobaan kecil yang ‘sangat remeh’ di mata kita.
Menggelindingkan tabung dan balok kayu.
Namun, percobaan
sederhana dan ‘remeh’ itu ternyata sangat disukai anak-anak kelas 1 sd. Mereka
dengan gembira dan bersemangat mempraktikkannya. Sebuah benda kongkret yang
mudah dibayangkan karena bentuknya ada di depan mata. Ketika diminta untuk
mencari benda-benda yang bentuknya seperti tabung dan balok pun, dengan mudah
mereka menyebutkannya. Ada kaki meja yang memang dari tabung besi ringan, ada
tiang bendera, spidol, gelas, senter, dan banyak lagi.
Senang melihat mereka menyenangi kegiatan yang ada. Lebih senang lagi konsep dasar tentang bangun ruang sederhana (tabung dan balok) dipahami anak-anak dengan mudah. Padahal saat itu jam menunjukkan pukul dua belas lewat lima belas menit. Sudah siang. Anak-anak biasanya sudah capai berkegiatan. Konsentrasi pun menurun. Maunya bermain yang santai-santai. Diperlukan sebuah aktivitas yang menarik untuk anak-anak memang bila ingin sebuah kegiatan belajar bersama berhasil. Apalagi di jam-jam terakhir sekolah ketika anak-anak sudah mulai jenuh dan menurun semangatnya. Terus semangat bapak ibu guru !
No comments:
Post a Comment