Pages

Saturday 14 July 2012

Funny Monster Letter


♫One, two buckle my shoe
Three, four shut the door
Five, six pick up sticks♫

Hahahahaha… tawa berderai terdengar saat musik kembali mengalun. Anak-anak pun segera menghentikan gambarnya lalu berlari ke karpet sambil menari. Menari ? Ya, menari. Selama musik terdengar, mereka harus menari dan bergerak. Ketika musik berhenti, kembali mereka melanjutkan menggambarnya sesuai petunjuk yang ada. Menari lagi ketika musik kembali mengalun.

Sampai kemudian, voìla ! It’s my funny monster letter, Bu !

Lucu-lucu hasil karya mereka. Meski membuatnya diselingi dengan menari-nari dan tertawa-tawa namun mereka ternyata cukup serius. Terlihat dari hasilnya. Kreatif dan orisinal. Bukti bahwa belajar memang tidak selalu harus dengan duduk tenang, melipat tangan, dan bibir terkatup seribu bahasa. Anak-anak pun juga terlihat senang meski setelah itu semuanya meminta ijin minum termasuk gurunya juga hehehehe.

Ah, aktivitas bersama anak-anak kelas 1 sekolah dasar. Berkenalan, beradaptasi, dan saling memahami. Anak-anak belajar mengenal saya, dan saya pun belajar memahami mereka. Membuat suasana yang menyenangkan untuk mereka merasa nyaman dengan lingkungan barunya.

Awalnya, saya masih melihat mereka. Dengan segala perilaku, ucapan, dan kebiasaan yang mereka bawa ketika di taman kanak-kanak dulu. Kesimpulan awal yang saya dapat adalah hampir semua anak di kelas 1 ini memiliki gaya belajar kinestetik.

Mereka sangat suka bergerak. Duduk tenang hanya bisa dilakukan tidak lebih dari lima menit. Hm… Artinya, harus banyak kegiatan-kegiatan yang melibatkan gerak tubuh untuk mereka. Seperti menggambar yang diselingi menari di atas. Lalu apa lagi ya ? Ah…harus banyak googling nih agar dapat ide. Ide-ide kreatif untuk berkegiatan dengan guru-guru kecil pengemban ingin tahu itu. Semangat ! Ayo bersekolah dengan senang.

No comments:

Post a Comment