Pages

Saturday 28 April 2012

Di Semifinal Olimpiade Sains Kuark

Jam baru menunjukkan pukul enam pagi ketika telfon saya berbunyi. Mengabarkan seorang murid telah sampai di sekolah. Wah…pagi sekali ! Padahal jam berkumpulnya masih tiga puluh menit lagi. Segera saya bergegas untuk ke sekolah. Bukan apa-apa, kasihan murid saya sendirian di sekolah sebab hari sabtu sebenarnya mereka libur jadi  sekolah sepi dan hanya ada pak satpam saja. Belum lagi tiba-tiba gerimis datang.
para pengemban ingin tahu
Ketika saya datang, ternyata telah banyak yang datang. Terlihat bersemangat sekali. Menunjukkan pensil mereka yang sudah diraut, penghapus, dan kartu tanda pesertanya. Siap bertanding. Hm…senang melihat semangat mereka.


Hari ini mereka akan mengikuti babak semifinal untuk olimpiade sains Kuark (OSK). Ketika keluar pengumumannya bahwa mereka lolos ke babak selanjutnya, anak-anak terlihat semakin bersemangat.

persiapan ke semifinal
Belajar tambahan yang diadakan seminggu dua kali di sekolah selalu diikuti. Jarang sekali ada yang absen. Selalu bersemangat. Selalu datang. Selalu siap ikut tambahan. ‘Aku suka sains dan aku ingin bisa melakukan percobaan’ kata seorang murid saya. ‘Ya, aku juga suka percobaannya.’

Semangatnya anak-anak para peserta semifinal OSK ini tidak saja menular ke kami, gurunya, namun juga teman-temannya yang lain yang belum ikut OSK. Cerita dan diskusi tentang banyak hal tentang sains yang ada di Kuark membuat yang awalnya tak tertarik menjadi ingin ikut. ‘Tahun depan aku boleh ikut ya Bu ?’ Hm…pasti boleh.

Semifinal Kuark untuk Surabaya dipusatkan di Universitas Ciputra. Hehehehehe… ketika tahu tempatnya ada di sana, anak-anak langsung bersorak heboh. Bisa berenang dong bu ? Ah, anak-anak. Ciputra bagi mereka adalah water park-nya.
Suasana yang ramai alhamdulillah tak membuat mereka grogi lagi. Sudah latihan di babak penyisihan kemarin. Anak-anak cukup santai meskipun mereka tidak ditemani oleh guru atau orang tuanya sebab memang pengantar di larang masuk ke ruang perlombaan. Begitu pun saat perlombaan usai.
percobaan usai berlomba

Ada pertanyaan yang dengan mudah bisa dijawab, ada yang cukup sulit sehingga hanya asal menjawab, ada yang sempat kelupaan menjawab namun setelah diperiksa lagi, akhirnya terjawab juga.

Apapun hasilnya nanti di bulan Mei, anak-anak telah berusaha. Telah berjuang dengan penuh semangat. Ikut OSK bagi mereka adalah satu dari banyak ajang untuk melatih keberanian dan mental berkompetisi dengan jujur. Semoga ke depan, akan banyak ajang positif untuk penyaluran bakat anak-anak negeri ini.

No comments:

Post a Comment