Pages

Sunday 24 July 2011

Waw, kertasnya basah dan tintanya luntur !

gambar sebelum kena air
Itulah kata-kata yang terdengar ketika saya menuangkan air di atas kertas bergambar hasil cetakan printer. Kepala-kepala kecil itu kemudian saling melongok berebut melihat tinta yang luntur bersama dengan air yang saya tuangkan.

”Gambarnya menjadi tidak jelas, Bu”, kata salah satu murid saya. Saya mengangguk. ”Gambarnya menjadi jelek”.

Diskusi ini terjadi ketika saya mengedarkan undangan pentas kelas pada akhir semester dua di kelas satu. Mereka memperhatikan undangan yang saya bagikan. Ada pertanyaan mengapa undangannya dilapisi dengan plastik. Pertanyaan tersebut saya kembalikan kepada murid-murid. Banyak jawaban muncul. Agar kertasnya tidak lusuh, agar bagus, agar rapi, dan agar tidak kotor.


Saya kemudian mengambil satu kertas bergambar dan air. Saya tuang beberapa tetes ke atas kertas. Saya kemudian meminta mereka melihat apa yang terjadi. Tinta yang luntur dan gambar menjadi buram. Saya kemudian menjelaskan gunanya plastik salah satunya sebagai pelindung kertas dari air.
gambar setelah kena air, tintanya luntur

Banyak pertanyaan muncul. Diskusi seru selama sepuluh menit pun terjadi. Diskusi yang tidak terencana. Diskusi yang spontan karena keingintahuan akan plastik yang membungkus undangan pentas kelas. Hanya sepuluh menit sebab memang waktu pulang ke rumah sudah tiba.

Namun kegiatan dari kegiatan singkat itu saya banyak belajar bahwa mendekatkan anak-anak dengan sesuatu yang nyata dan dekat dengan kehidupan mereka sehari-hari, sangatlah penting. Anak-anak menjadi paham mengapa sesuatu harus begini atau begitu. Seperti plastik tadi, bukan sekedar untuk hiasan namun lebih untuk melindungi kertas di dalamnya. Usia kelas satu, dua, dan tiga memang masa anak-anak masih memerlukan belajar melalui sesuatu yang kongkret dan bisa mereka lihat. Bukan masa merenung-renung dan mereka-reka.

Perlu kita ingat bersama bahwa untuk anak-anak, tidak ada hal yang kecil dan remeh. Hal kecil dan remeh yang kerap kita sangka itu kerap adalah sesuatu yang penting untuk mereka ketahui dan pelajari.


2 comments: