Pages

Wednesday 6 July 2011

Cura Personalis

Ada saat saya berbicara santai dengan murid-murid melingkar di atas karpet. Bercerita tentang banyak hal. Kadang murid yang bercerita dan saya mendengar, kadang saya bercerita dan mereka mendengar. Banyak hal saya dapatkan dari perbincangan-perbincangan itu. Mengenal mereka dan apa yang biasa mereka lakukan di rumah. Menyenangkan melewati suasana seperti itu.
belajar mendengar dan didengar

Kerap murid-murid begitu bersemangat dan tertawa-tawa ketika mendengar cerita teman mereka yang lucu. Atau juga senyum-senyum senang ketika mendengar saya menyebutkan nama mereka satu per satu lengkap dengan alamat rumahnya juga nama orang tuanya.

Bila kebetulan saya lupa nama salah satu orang tuanya, dengan senang hati murid saya akan membantu. Kadang saya dengan sengaja memperlama menyebutkan nama beberapa anak, mereka dengan tidak sabar akan mengangkat tangan dan bilang belum disebut.


Jujur awalnya saya tidak menyangka kalau kegiatan sederhana ini memunculkan kedekatan berbeda dengan murid-murid. Jumlah murid yang memang terbatas di kelas (maksimal 25 anak) membuat saya bisa dengan mudah menghafal dan mengenal mereka lebih baik. Hubungan saya dengan mereka pun menjadi lebih intens dan menyenangkan.

Murid-murid pun menjadi lebih terbuka. Setiap pagi ketika baru datang ke kelas dan bel masuk belum berbunyi, selalu ada anak menghampiri saya sekedar untuk bercerita tentang perasaan atau hal menarik yang dilakukannya di rumah.

Menyenangkan. Sebuah perhatian kecil yang terlihat remeh ternyata memberi andil besar akan kesuksesan hubungan saya dengan murid-murid. Kenyataan saya mengingat nama orang tua dan juga tempat tinggalnya, membuktikan kalau mereka diperhatikan.

Seorang murid menulis surat suatu hari dan diletakkan di meja saya. Isinya ; Terima kasih bu erna sudah percaya aku bisa nulis tegak bersambung.

Senang rasanya membaca suratnya yang menggunakan huruf tegak bersambung. Senang mengetahui kalau murid saya pun memperhatikan gurunya.

Bila kita yang dewasa pun senang mendapat sebuah perhatian, anak-anak yang masih muda pun akan sangat senang bila diperhatikan dan diakui keberadaannya oleh para guru dan para dewasa.

Cura personalis. Care for the entire person. 

No comments:

Post a Comment