Pages

Saturday 2 July 2011

Berbeda, mengapa tidak ?

Untuk kali ketiga saya melihat film animasi lama Ratatouille diputar di sebuah stasiun televisi. Entah mengapa saya tetap menyenanginya meski telah hafal jalan ceritanya. Bercerita tentang seekor tikus kecil yang berbeda dengan tikus yang lain. Tikus itu bernama Remy dan memiliki mimpi yang aneh dimata sesama tikus.
wildaboutmovies.com
 Mimpi menjadi seorang koki profesional. Dari perilaku saja, Remy telah berbeda dengan sesama tikus. Remy tidak mau memakan makanan sisa seperti umumnya tikus. Remy juga berusaha berjalan hanya dengan dua kaki meskipun kerap dianggap aneh oleh yang lain. Sebab yang berjalan di atas dua kaki adalah makhluk jahat bernama manusia, binatang seperti Remy selayaknya berjalan di atas empat kaki.


Namun Remy  pantang menyerah. Meskipun berbeda, Remy tidak memupus mimpinya. Segala rintangan seberat apapun dijalaninya. Dia terus berusaha sampai benar-benar bisa menjadi seorang koki. Membuat makanan untuk manusia. Hm... imajinasi yang aneh dan keluar jalur. Membayangkan masakan selezat apapun, namun bila yang memasak seorang tikus, apa yang ada dalam pikiran kita ya ?

Meski sebenarnya bukan itu yang mengusik saya. Namun lebih kepada mimpi Remy yang tidak masuk akal di mata sesama tikus. Selayaknya binatang  pengerat ditasbihkan sebagai perusak dan pencuri makanan. Remy memilih berbeda. Menjadi koki.

Di kehidupan nyata, cerita film Ratatouille dan semangat Remy pun sekiranya bisa kita contoh. Kita pun kadang harus bersikap sedikit berbeda bila ingin sesuatu yang lebih. Bila kita melakukan hal yang sama dengan yang orang kebanyakan lakukan dan berharap kita lebih berhasil dari yang lain, agak naif rasanya.

Berbeda memang membawa resiko untuk diremehkan, diejek, dipandang sebelah mata. Tantangan bagi yang memilih berbeda pun akan terasa lebih berat. Kadang masyarakat kebanyakan pun belum bisa menerima sesuatu yang berbeda kebiasaan yang ada. Meski begitu, bila kita yakin dan sepanjang tidak melanggar serta merugikan orang lain, mengapa harus takut berbeda ? Sebab berbeda pun membuat kita terlihat dan tidak sama dengan kebanyakan orang. Berbeda pun mengidentifikasikan diri kalau kita memiliki sikap, tidak selalu ikut-ikutan. Bagaimana ? Mau menjadi sedikit berbeda ?




2 comments:

  1. Berbeda mempunyai byk makna, beda berarti kreatif, beda berarti berani maju, beda berarti percaya diri, beda berarti BELUM MAMPU, harus banyak bimbingan, thank

    ReplyDelete
  2. Tanks, it's just about perception :-)

    ReplyDelete