Pages

Thursday 24 February 2011

Mandiri : Biarkanlah Mereka Mencobanya !

    © GMVozd-cote-momes.com


Ia belum bisa menulis namanya secara benar. Ia bahkan belum tahu sesuatu itu bahaya atau tidak. Hal itu bukanlah suatu alasan untuk kita bisa mencegahnya mencoba mandiri.Sejak usia 3 tahun, anak-anak sebenarnya bisa menolong pekerjaan rumah sesuai dengan usia mereka.Bila mereka diberi kesempatan untuk mencoba belajar mandiri, maka semuanya akan bisa mereka kuasai.

Sejak ia mengetahui mampu, maka banyak hal yang ingin dilakukannya sebab keinginan untuk mandiri dan bebas adalah salah satu insting dasar yang ada pada anak-anak. "Anak yang mandiri akan lebih bisa merasakan keberadaannya sebagai bagian dari sebuah lingkungan", terang psikolog Claude Halmos. Sejak usia 3 sampai 4 tahun, kemampuan motorik dan intelektual anak akan berkembang secara maksimal sehingga memungkinkan anak-anak untuk mempelajari segala hal yang ada di sekitar mereka.

Namun perlu diingat bahwa anak-anak bisa belajar sesuatu seperti kemandirian secara maksimal diperlukan peran serta lingkungannya. Pemberian kepercayaan pada diri bahwa mereka bisa dan lingkungan yang mendukung sangat besar perannya bagi anak-anak untuk mengembangkan kemandiriannya.
Cobalah untuk tidak selalu memperlihatkan rasa khawatir akan semua yang dilakukannya seperti mengatakan "Jangan sentuh banda itu! Berbahaya! Bisa melukaimu!"

Memang tidak semua anak memiliki keberanian cukup untuk mencoba belajar mandiri. Janganlah pula memaksaknya untuk berani mencoba mandiri secepatnya sebab hasilnya pun tidak akan maksimal. Bila pada proses belajar mencoba mandiri, anak anda memerlukan bantuan dan bimbingan anda, maka janganlah langsung ditolak. Anda bisa mendampingi dan membantunya sekaligus pelan-pelan melepaskannya untuk mencoba mandiri. Bagaimana pun, belajar mencoba mandiri pada seorang anak masih memerlukan peran kita sebagai orang tua.

No comments:

Post a Comment