Pages

Tuesday 12 June 2012

Mengenal Warna dari Alam

contoh gambar dari warna
‘Wah…baunya harum ! Aku tahu ini namanya. Pandan. Bisa buat kue lapis!’ celoteh seorang murid yang langsung diiyakan guru ketrampilannya. Teman-temannya pun sepakat baunya harum. Sampai-sampai ada anak yang mengambil secuil daunnya lalu didekatkan ke hidung sambil berkata ‘hm…wangi.’
Cukup seru mengamati anak-anak beraktivitas. Saat itu mereka sedang belajar menggambar dengan memakai warna dari alam. Bila biasanya mereka menggambar menggunakan pewarna sintetis baik cat air atau krayon, sekarang menggunakan bahan alami. Warna-warna yang berasal dari alam dan ciptaan Allah.
Selain mengenal warna dari alam, anak-anak pun dikenalkan akan bedanya warna alam dengan warna buatan (sintetis).
‘Warna dari alam ini bisa berasal dari buah, daun, atau batang pohon. Seperti merah bisa dari tomat,’ jelas gurunya yang disambut kata wortel, stroberi, dan cabai oleh anak-anak. Ibu guru pun mengangguk membenarkan.
Warna dari alam lebih aman digunakan untuk makanan tapi biasanya warnanya tidak secerah warna buatan. Seperti warna hijau dari daun pandan untuk pewarna kue lapis, lalu kuning dari kunyit untuk pewarna nasi kuning. 
serius menyimak
menggambar
Jadi, harus hati-hati bila menemui makanan yang warnanya cerah dan mencolok sekali. Bisa jadi memakai warna-warna sintetis yang tidak aman. Apalagi sekarang begitu banyak makanan yang memakai pewarna sintetis bukan dari alam.
sebagian bahan pewarna alam

No comments:

Post a Comment